Sebenarnya Kita Kalah Canggih Dengan Peradaban Masa Lalu



Pada pelajaran sekolah khususnya pelajaran ips atau sejarah, kita disana diajarkan bahwa peradaban masa lalu itu kuno dan primitif. Kita juga diajarkan bagaimana teori evolusi manusia dari manusia purba ke manusia masa kini. Selama ini kita berpandangan bahwa manusia purba hidup seadanya, tinggal di gua serta berpindah – pindah, semua yang dikerjakan serba manual dan tidak ada alat – alat canggih disana.

Tetapi itu tidak sepenuhnya benar, ya mungkin ada beberapa peradaban masa lalu yang seperti itu, namun sebenarnya ada peradaban masa lalu yang begitu canggih dan bahkan teknologi yang kita miliki sekarang kalah dibanding masa lalu. Disini saya akan membahas beberapa teknologi yang dimiliki oleh peradaban Mesir. Karena menurut saya, kebanyakan dari penemuan – penemuan menghebohkan di dunia ditemukan di Mesir.

1.    Piramida di Mesir

 

Kita sudah sangat familiar dengan tempat ini, walaupun belum pernah mengunjunginya. Ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia menurut UNESCO. Kemegahan dari bangunan ini memang sudah tidak dipungkiri lagi. Banyak sekali misteri yang terkandung di dalam tempat ini. Namun disini saya akan hanya membahas misteri bagaimana Piramida ini dibangun.

Menurut para ahli, Piramida dibangun dengan menggunakan sekitar 2,3 juta blok batu yang masing – masing memiliki berat 2 sampai 30 ton, malah ada yang beratnya mencapai 50 ton. Lalu pertanyaannya, bagaimana batu seberat itu bisa dibawa dan dipindahkan untuk membangun piramida ? jika memang dibawa manual oleh orang – orang, lalu membutuhkan berapa banyak orang ? kita saja membawa tabung gas 12 kg sudah cukup keberatan. Banyak juga spekulasi bahwa blok batu itu dibawa oleh kendaraan kuno. Lalu pertanyaannya, kendaraan macam apa yang bisa mengangkut blok batu itu ? Truk yang digunakan masa kini hanya mampu mengangkut maksimal 8 – 14 ton. 



Dan yang menurut saya menjadi pertanyaan besar, bagaimana piramida ini masih bisa bertahan dan masih kokoh sampai saaat ini ? Padahal diketahui bahwa usia dari piramida ini sekitar 4500 tahun. Dan itu pasti telah melewati banyak sekali peristiwa alam. Jika dibandingkan dengan bangunan sekarang ini, sangat lah jauh. Bangunan saat ini bisa dibilang sangat mudah hancur jika diguncang gempa, ataupun diterpa tsunami, ataupun bencana alam lainnya. Sampai saat ini misteri Piramida masih belum terungkap.

2.    Jantung Buatan 


Para ilmuan kembali dikejutkan dengan penemuan heboh yang satu ini. Pada tahun 1986, arkeolog jepang dan mesir menemukan sesuatu yang sangat janggal pada tubuh mumi  yang berusia sekitar 5000 tahun di dalam piramida mesir. Ditemukan jantung buatan yang sangat canggih di dada kiri mumi ini. Hal yang sama ditemukan oleh tim gabungan dari Belgia, Jerman, dan Mesir. Mereka juga menemukan jantung buatan yang sama canggihnya di dalam mumi wanita.



Setelah tadi kita membahas betapa megahnya bangunan di Mesir, kali ini kita mengetahui betapa majunya teknologi medis di Mesir. Penemuan ini membuktikan hal itu. Bagaimana bisa orang Mesir kuno mampu menciptakan jantung buatan ini serta melakukan operasi bedah transplantasi jantung manusia pada masa itu ? Dan juga yang menjadi pertanyaan besar lainnya, kemana perginya penemuan hebat itu ?

3.    Ukiran Kendaraan Purba di Kuil Abydos, Mesir

 

Abydos merupakan salah satu kota paling tua di Mesir. Terletak di sekitar 11 km sebelah barat Sungai Nil. Kota ini dianggap sebagai salah satu situs arkeologi Mesir Kuno paling penting. Dan terdapat suatu penemuan yang menghebohkan yang ditemukan di kota kuno ini. Terdapat suatu ukiran di kuil Abydos yang bentuknya seperti kendaraan. Diperkiraan ukiran ini berusia sekitar 3000 tahun.



Gambar dari ukiran itu seperti gambar helikopter, kapal selam, pesawat, dan dan zeppelin (balon udara). Banyak yang beranggapan bahwa ukiran ini menggambarkan kendaraan alien yang datang ke bumi. Kita tidak tahu pasti apa itu, namun kalau boleh saya berpendapat, mungkin saja itu adalah salah satu jawaban bagaimana bangunan Piramida di Mesir dibangun. Mungkin saja alat itu yang digunakan untuk membuat bangunan yang super megah itu. Dan kalau ini benar, muncul suatu pertanyaan baru, kemana alat/kendaraan ini ? 

Banyak sekali benda – benda masa lalu yang telah ditemukan, namun tidak banyak yang sudah terpecahkan misteri di dalamnya. Karena banyak misteri yang tidak masuk akal, banyak juga yang berspekulasi bahwa manusia di jaman dulu berteman dengan alien. Kita tidak tahu, hanya Tuhan lah yang tahu.

Comments