Tiga waktu KERAMAT, HATI -HATI !!!


Waktu merupakan sesuatu hal yang diberikan Tuhan kepada kita secara gratis atau cuma – cuma. Kita hidup di dunia ini sangat memerlukan waktu, jika tidak, mungkin kita akan terjebak di suatu hal yang sama dan tidak bisa keluar dari itu. Maka dari itu, kita sering mendengar nasihat dari orang tua untuk menggunakan waktu sebaik mungkin. Sebagai manusia normal, rata - rata beraktifitas pada pukul 6 pagi sampai 6 sore,. Dan kita tidur pada waktu malam hari. Saat kita kecil, kita sering di nasihati orang tua untuk pulang sebelum jam 6 sore, karena pada jam itu, wewe gombel akan menculik kita. Saya tidak tahu itu benar atau tidak, namun itu membuat pada jam 6 sore itu adalah waktu yang keramat. Selain itu, ada mitos yang menyebar luas mengenai waktu keramat lainnya, yaitu pada jam 12 malam, serta jam 3 pagi.

Mitos Pukul 6 sore



Jam 6 sore memang sudah dicap oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai waktu dimana hantu – hantu berkeliaran. Kebanyakan dari para orang tua memberi tahu anaknya untuk pulang sebelum jam 6 sore. Ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa anak – anak yang masih berkeliaran pada jam 6 sore keatas akan diculik oleh wewe gombel. Wewe gombel adalah sesosok wanita tua yang sangat suka menculik anak kecil. Banyak sekali cerita mengenai anak kecil yang hilang diatas jam 6 ini. Banyak yang mempercayai ini, bahkan di beberapa kebudayaan seperti budaya jawa sudah sangat kental dengan larangan ini.
Namun saya tidak tahu betul apakah mitos itu benar terjadi atau tidak. Tetapi ada baiknya untuk mengikuti aturan itu karena itu juga untuk kebaikan kita. Seperti yang kitamketahui bahwa rata –rata jam kerja di Indonesia berakhir sekitar pukul 6 sore. Dan waktu selebihnya digunakan untuk beristirahat, jadi kita sangat dianjurkan untuk lebih baik istirahat dirumah. Sama seperti mitos yang ditujukan kepada anak –anak, sebaiknya anak –anak pada jam itu menyiapkan barang untuk sekolah besoknya serta belajar.  Lalu setelah itu istirahat setelah beraktifitas sepanjang hari. Itu akan membuat anak – anak menjadi tidak sakit dan bisa bersekolah semaksimal mungkin.

Mitos Pukul 12 Malam



Mungkin kalian sudah sangat tidak asing bila jam 12 adalah waktu yang sangat menyeramkan. Dimana ini adalah tengah malam, langit sangat gelap dan orang – orang tidur sehingga suasana menjadi sangat sepi.  Banyak sekali film bergenre horor menggunakan setting waktu tengah malam saat tokoh hantu muncul. Hal itulah yang menjadi orang – orang semakin percaya bahwa setan beraktifitas pada jam ini.
Pada jam ini pula, manusia berada pada titik terlemahnya. Banyak orang yang menganggap bahwa para dukun atau ahli spiritual beraksi pada tengah malam. Manusia berada pada titik terlemah, namun setan atau hantu berada titik paling kuat, begitulah yang ada di pandangan masyarakat. Karena itu, kita sangat diajurkan sekali untuk segera tidur supaya tidak terganggu oleh makhluk spiritual itu.

Mitos Pukul 3 Pagi


Pukul 3 pagi adalah waktu dimana orang berada pada puncak tidurnya, atau bisa disebut REM (Rapid Eye Movement). Kebanyakan mimpi yang kita alami saat tidur di malam hari akan terjadi pada waktu ini. Karena berada di puncak tidurnya, semua anggota tubuh kita tidak bisa kita gerakkan, namun terkadang otak kita masih bekerja. Inilah yang disebut sebagai tindihan, atau sleep paralysis. Disaat kita terbangun dengan kondisi ini, kita merasa panik dan ketakutan sehingga otak kita merangsang untuk menciptakan pikiran yang menyeramkan. Hal itu akan menyebabkan halusinasi pada semua indra kita. Dan banyak orang yang mengakui bahwa mengalami kejadian itu pada pukul 3 pagi. Itulah yang menyebabkan waktu ini begitu menyeramkan. Padahal semua halusinasi itu adalah buatan pikiran kita sendiri.

Itulah artikel mengenai tiga waktu keramat. Saya percaya bahwa hantu, atau setan, atau semacamnya itu ada di dunia ini. Kita hidup berdampingan dengan mereka. Kisah – kisah yang terdapat pada film horor yang kita sering tonton itu tidak sepenuhnya terjadi. “Mereka” tidak bisa membunuh kita, mengganggu mungkin memang bisa. Namun tidak perlu takut, karena sebenarnya yang lebih menyeramkan dari setan itu adalah manusia. Kenapa bisa begitu ? karena manusia diciptakan dengan roh dan fisik, sedangkan “mereka” hanya dengan roh, tidak dengan fisik. Jadi manusia bisa melakukan hal – hal kejam seperti membunuh, merampok, dan lain –lain. Jadi lebih menyeramkan makhluk asing  atau orang asing di rumah kita ?

Comments